October 14, 2024

Langkah Mudah Menghilangkan Komedo di Hidung Yang Wajib Kamu Tahu!

By MGD Rivaldi
Langkah Mudah Menghilangkan Komedo di Hidung Yang Wajib Kamu Tahu!

Komedo di hidung bisa sangat mengganggu penampilan kamu. Banyak orang yang melakukan berbagai cara, baik alami maupun dengan perawatan untuk menghilangkan komedo di hidung. Hal ini disebabkan munculnya komedo di hidung yang dapat membuat tampilan pori-pori hidung seakan membesar, kasar dan menghambat penyerapan skincare yang kamu gunakan. Nah, untuk mengetahui cara menghilangkan komedo hidung dengan tepat, maka kamu perlu tahu penyebab apa saja yang dapat menjadi penyebab munculnya komedo yang mengganggu ini. Yuk simak artikel ini sampai selesai ya!


Penyebab Munculnya Komedo Hidung

(freepik.com)


Komedo hidung dapat terjadi akibat penumpukan sel kulit mati dan sebum atau minyak pada wajah yang menyumbat pori-pori. Hal ini juga disebabkan oleh area pori-pori hidung yang lebih besar maka lebih beresiko tersumbat oleh kotoran dan sebum yang diproduksi oleh wajah. Komedo sendiri terbagi menjadi dua jenis yakni, komedo putih (whitehead) dan komedo hitam (blackhead). Komedo putih (whitehead) seperti butiran nasi yang kecil dan biasanya berada pada lapisan kulit bagian dalam. Sedangkan, komedo hitam (blackhead) akan berwarna hitam karena sudah terpapar oleh udara, debu dan juga minyak pada wajah. 


Cara Menghilangkan Komedo Hidung Yang Aman

(freepik.com)


Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan komedo hidung yang mengganggu penampilan kamu, diantaranya:

Eksfoliasi Kulit

Eksfoliasi kulit memang sangat penting untuk menjaga kebersihan kulit. Salah satunya agar terhindar atau mengurangi komedo yang muncul pada wajah. Kamu dapat menggunakan kandungan aktif chemical peeling untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk pada wajah dan membersihkan pori-pori. Eksfoliasi juga dapat menjadi cara menghilangkn komedo hidung yang dapat kamu coba di rumah. Apalagi saat ini sudah banyak skincare yang menjual produk untuk chemical peeling yang aman dilakukan di rumah. 

Menggunakan Skincare yang Non-Comedogenic

Untuk menghilangkan komedo hidung, kamu perlu memperhatikan skincare harian yang kamu pakai. Pastikan skincare yang kamu gunakan tidak menambah munculnya komedo di hidung kamu. 

Hindari Make Up Tebal

Cara menghilangkan komedo hidung berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah tidak menggunakan make up wajah yang tebal setiap hari. Produk-produk make up yang tebal akan menyumbat pori-pori. Namun, jika kamu harus memakai make up yang tebal setiap hari pastikan untuk membersihkan wajah dengan benar dan bersih untuk mengurangi munculnya komedo hidung dan pada bagian lain wajah. 

Hindari Makanan Berminyak dan Berlemak

Berikutnya adalah mengurangi makanan-makanan yang berlemak dan berminyak karena makanan-makanan inilah yang dapat memperbanyak produksi minyak pada wajah.

H3: Facial Treatment

Cara menghilangkan komedo hidung yang paling cepat adalah dengan melakukan ekstraksi komedo di klinik kecantikan terpercaya yang ada di daerah kamu contohnya adalah Aesthetic Derma Center (ADC) yang menyediakan perawatan untuk ekstraksi komedo hidung dengan alat-alat yang canggih, steril dan mencegah terjadinya breakout pada wajah. Hal ini perlu dilakukan untuk mengeluarkan kotoran-kotoran yang menyumbat pori-pori hidung mu. 

Tips Mencegah Terjadinya Komedo Hidung

(freepik.com)


Tips terbaik untuk menghilangkan komedo hidung atau mencegah komedo hidung adalah dengan menggunakan skincare yang berbahan aktif AHA/BHA, Salicylic Acid. kamu bisa mendapatkan skincare dengan bahan-bahan tersebut di toko-toko skincare di daerah mu. 


Ingin Tips Lainnya? Ayo Kunjungi Aesthetic Derma Center!

Itu dia penyebab dan cara menghilangkan komedo hidung yang bisa kamu coba. Jangan sampai salah melakukan treatment yang tepat komedo hidung! Salah-salah melakukan perawatan bisa menjadi penyebab break out lho! Selain itu, Aesthetic Derma Centre juga menyediakan treatment  lain yang bisa kamu coba. 

Yuk, Kunjungi Aesthetic Derma Centre! Klinik kecantikan yang menggunakan teknologi terbaru dalam perawatan kulit dan menyediakan pelayanan terbaik dengan suasana yang nyaman dan modern. Tim medis profesional dari Aesthetic Derma Centre akan membantu perawatan kulitmu!

Read more

  • Tips Memilih Skincare Untuk Kulit Berjerawat, Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan?

    Tips Memilih Skincare Untuk Kulit Berjerawat, Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan?
    Jerawat merupakan penyakit kulit yang dialami 9.4% persen orang di seluruh dunia. Jerawat lebih rentan terjadi pada kulit dengan tipe berminyak. Produksi sebum yang berlebih pada wajah dapat menyebabkan jerawat lebih mudah muncul pada tipe kulit ini. Maka dari itu, orang dengan kulit berminyak harus berhati-hati saat memilih perawatan kulit agar tidak menimbulkan jerawat pada wajah.
    Continue reading
  • Langkah Mudah Menghilangkan Komedo di Hidung Yang Wajib Kamu Tahu!

    Langkah Mudah Menghilangkan Komedo di Hidung Yang Wajib Kamu Tahu!
    Komedo di hidung bisa sangat mengganggu penampilan kamu. Banyak orang yang melakukan berbagai cara, baik alami maupun dengan perawatan untuk menghilangkan komedo di hidung. Hal ini disebabkan munculnya komedo di hidung yang dapat membuat tampilan pori-pori hidung seakan membesar, kasar dan menghambat penyerapan skincare yang kamu gunakan.
    Continue reading