October 14, 2024

Wajib Kamu Tahu! Penyebab dan Cara Ampuh Mengurangi Rambut Rontok!

By MGD Rivaldi
Wajib Kamu Tahu! Penyebab dan Cara Ampuh Mengurangi Rambut Rontok!

Rambut merupakan mahkota bagi setiap orang. Namun, tak jarang perawatan rambut yang tidak benar atau bahkan tidak dirawat sekalipun akan menyebabkan kerontokkan rambut. Hal seperti ini jangan dianggap remeh, karena rambut yang dibiarkan rontok terus menerus akan menyebabkan kebotakan. Selain itu, banyak orang yang merasa tidak percaya diri dan terganggu dengan rambut yang rontok. Maka dari itu, kamu harus mencari tahu apa saja penyebab dan cara mengurangi rambut rontok. Kalau kamu ingin tahu, yuk simak artikel penyebab dan cara mengurangi rambut rontok berikut ini!


Penyebab Rambut Rontok

(freepik.com)


Ada banyak sekali penyebab rambut rontok baik dari faktor internal maupun eksternal yang perlu kamu ketahui. Berikut faktor penyebab rambut rontok:

Faktor Hormonal

Hormon memang selalu berpengaruh pada tubuh kita seperti hormon kehamilan, melahirkan dan menyusui. Salah satunya adalah rambut rontok. Hal ini disebabkan karena folikel rambut memasuki fase telogen yakni fase istirahat yang lebih lama dibandingkan dengan seharusnya.

Faktor Genetik

Faktor berikutnya adalah faktor genetik. Faktor ini adalah salah satu faktor internal dan tidak dapat kita ubah. Orang tua yang mengalami kerontokkan rambut akan menurunkannya pada generasi berikutnya. Selain itu faktor ini juga di dapat dari kakek maupun nenek.

Penurunan Berat Badan Berlebih

Siapa sangka diet ekstrim justru menjadi salah satu penyebab rambut rontok. Kekurangan nutrisi saat menjalani proses diet memengaruhi pertumbuhan rambut dan kulit kepala sehingga mengakibatkan kerontokkan rambut. Siapa yang sedang menjalani proses diet dan mengalami kerontokkan rambut? Jangan dianggap remeh ya karena bisa jadi hal tersebut menjadi sinyal jika tubuh sedang kekurangan nutrisi.

Konsumsi Obat-Obatan

Mengkonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa memicu kerontokan rambut lho! Obat-obatan seperti pil kontrasepsi, retinoid dan antidepresan menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan kerontokkan pada rambut kamu. 

Hair Styling dan Coloring

Hair styling memang menjadikan rambut menjadi tampak lebih indah. Sayangnya, proses hair styling dan coloring menyebabkan kerontokkan pada rambutmu. Hal ini disebabkan bahan kimia yang digunakan untuk mewarnai rambut kamu. Maka dari itu, untuk pecinta coloring rambut wajib memperhatikan bagaimana merawat rambut agar tetap sehat, tidak kering dan kuat. 

Stress

Faktor terakhir penyebab kerontokan rambut adalah faktor stres. Hal ini bisa memicu kerontokan rambut karena telogen effluvium dan alopecia areata menjadi aktif sehingga terjadi kerontokan rambut. 


Cara Mengurangi Rambut Rontok

Untuk kamu yang memiliki masalah rambut rontok, kamu bisa mencoba beberapa cara berikut ini untuk mengurangi rambut rontok.

Mencukupi Asupan Nutrisi

Kekurangan nutrisi merupakan salah satu sebab kerontokkan rambut. Maka dari itu, tidak hanya merawat dari luar saja, tapi kamu juga harus mencukupi nutrisi dalam tubuh kamu. Makanan yang bergizi yang mengandung protein, vitamin B, vitamin D, vitamin E, zat besi, dan, zinc sangat kamu perlukan untuk merawat rambut rontok dari dalam. Cara mengurangi rambut rontok berikut ini sangat mudah diikuti dan sangat diperlukan oleh tubuh. 

Menggunakan Sampo Anti Rontok

Selain mencukupi nutrisi tubuh kamu, penggunaan sampo anti rontok juga dapat membantumu mengurangi rambut rontok. Ada banyak jenis sampo di pasaran yang bisa kamu beli dan coba. Cara mengurangi rambut rontok dengan sampo menjadi pilihan yang bisa kita lakukan agar tidak memperparah kerontokkan.

Mengonsumsi Suplemen atau Vitamin Rambut

Cara mengurangi rambut rontok berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah mengonsumsi suplemen atau vitamin rambut yang dapat mencegah rambut rontok. Untuk cara yang satu ini kamu perlu hati-hati saat memilih dan memutuskan mengonsumsi suplemen dan vitamin rambut ini. Kamu bisa mengonsultasikannya terlebih dahulu ke dokter spesialis / Sp.DVE yang ada di klinik terdekat seperti di klinik Aesthetic Derma Centre untuk rekomendasi yang sesuai dengan masing-masing personal. 

Laser atau Terapi Cahaya

Jika asupan nutrisi dan penggunaan sampo yang sesuai untuk mengurangi rambut rontok, tetapi hasil masih dirasa kurang. Kamu bisa mencoba cara mengurangi rambut rontok dengan teknik laser atau terapi cahaya di klinik terdekat yang melayani treatment rambut dan kulit kepala. Salah satu klinik yang menyediakan treatment ini adalah Aesthetic Derma Center (ADC) yakni hair laser dan dermapen hair. Treatment hair laser merupakan perawatan rambut yang dapat mengurangi kerontokkan, menguatkan akar rambut dan menjaga kulit kepala tetap sehat. Berikutnya adalah Dermapen Hair Treatment yang merupakan perawatan untuk menumbuhkan rambut yang baru dan merangsang folikel rambut untuk merangsang pertumbuhan dan memperkuat rambut. Di klinik ini, kamu bisa mengombinasikan dua treatment ini sekaligus lho! 

Ingin Dapat Tips Lainnya? Ayo Kunjungi Aesthetic Derma Center!

Itu dia penyebab dan cara mengurangi rambut rontok yang bisa kamu coba. Jangan sampai salah melakukan treatment yang tepat untuk rambut dan kulit kepalamu! Selain itu, Aesthetic Derma Centre juga menyediakan treatment  lain yang bisa kamu coba. 

Yuk, Kunjungi Aesthetic Derma Centre! Klinik kecantikan yang menggunakan teknologi terbaru dalam perawatan kulit dan menyediakan pelayanan terbaik dengan suasana yang nyaman dan modern. Tim medis profesional dari Aesthetic Derma Centre akan membantu perawatan kulitmu!

Read more

  • Tips Memilih Skincare Untuk Kulit Berjerawat, Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan?

    Tips Memilih Skincare Untuk Kulit Berjerawat, Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan?
    Jerawat merupakan penyakit kulit yang dialami 9.4% persen orang di seluruh dunia. Jerawat lebih rentan terjadi pada kulit dengan tipe berminyak. Produksi sebum yang berlebih pada wajah dapat menyebabkan jerawat lebih mudah muncul pada tipe kulit ini. Maka dari itu, orang dengan kulit berminyak harus berhati-hati saat memilih perawatan kulit agar tidak menimbulkan jerawat pada wajah.
    Continue reading
  • Langkah Mudah Menghilangkan Komedo di Hidung Yang Wajib Kamu Tahu!

    Langkah Mudah Menghilangkan Komedo di Hidung Yang Wajib Kamu Tahu!
    Komedo di hidung bisa sangat mengganggu penampilan kamu. Banyak orang yang melakukan berbagai cara, baik alami maupun dengan perawatan untuk menghilangkan komedo di hidung. Hal ini disebabkan munculnya komedo di hidung yang dapat membuat tampilan pori-pori hidung seakan membesar, kasar dan menghambat penyerapan skincare yang kamu gunakan.
    Continue reading